Rabu, 19 September 2018

Mengenal Macam-macam Gadget atau Widget dan Fungsinya di Blog

Gadget atau Widget merupakan sebuah aplikasi yang dipasang di web atau blog sebagai kelengkapan fitur dari web atau blog. Blogger telah menyediakan beberapan gadget yang dapat kita gunakan sesuai keinginan untuk melengkapi tampilan blog.
Untuk mengetahui gadget apa saja yang disediakan oleh blogger di template blog kita, masuk ke dasbor blog klik menu “Tata Letak” atau “Layout” lalu klik salah satu menu “Tambahkan Gadget” atau “Add to Gadget” dan sekarang sobat bisa melihat gadget-gadget yang telah disediakan oleh blogger dan kita bisa memilihnya sesuai keinginan.

Macam – macam gadget dan fungsinya pada blog

·  Entri yang Diunggulkan : berfungsi untuk menampilkan daftar postingan yang diunggulkan oleh pemilik blog.

widget entry yang diunggulkan

Cara menggunakan Gadget Entry YangDiunggulkan.

·   Penelusuran : Memungkinkan pengunjung blog untuk menelusuri blog, blogroll, dan semua artikel . kita  juga bisa mengatur Gatget penelusuran ini hanya untuk mencari isi yang berada di blog kita saja

widget penelusuran blog


Cara menggunakan Gadget Penelusuran

·  HTML/JavaScript : berfungsi untuk menambahkan atau memasukan kode script widget/gadget dari pihak ketiga (situs penyedia gadget/widget gratis maupun berbayar). Kode script/HTML tersebut bisa berupa kode iklan, banner, gambar dan lain sebagainya.

widget penelusuran blog


Cara menggunakan Gadget HTML/JavaScript.

·   Profil : berfungsi untuk menampilkan profil tentang admin blog atau sebagai tanda pengenal kepada pengunjung.

widget profil

Cara menggunakan Gadget Profil.

·      Arsip Blog : berfungsi untuk menampilkan semua arsip blog kita, sehingga memudahkan pembaca blog untuk menelusuri artikel – artikel lama yang ada di blog. Arsip blog tersebut bisa berdasarkan bulanan, mingguan atau harian. Dan kita dapat merubah style/gaya arsip tersebut. Arsip blog ini bisa juga di katakan sebagai daftar isi blog.

widget arsip blog

Cara menggunakan Gadget Arsip Blog.

·       Header Halaman : berfungsi untuk menampilkan judul dan deskripsi blog.

widget header halaman

Cara menggunakan Gadget Header Halaman.

·    Pengikut : berfungsi untuk menampilkan daftar pengguna yang mengikuti blog sobat. Dengan adanya gadget ini pengikut blog sobat akan segera tahu postingan terbaru dari blog sobat, karena postingan sobat akan langsung tampil di dashbor blogger pengikut blog sobat.

widget pengikut

Cara menggunakan Gadget Pengikut.

·    Gambar : berfungsi untuk menambahkan gambar dari komputer/laptop atau dari web ke dalam blog kita.

widget gambar

Cara menggunakan Gadget Gambar.

·     Label : berfungsi untuk menampilkan semua label/kategori yang ada di dalam blog kita, sehingga memudahkan pembaca blog untuk mencari artikel yang mereka butuhkan.

widget label

Cara menggunakan Gadget Label.
·       Halaman : berfungsi untuk menampilkan laman mandiri di blog kita

widget halaman

Cara menggunakan Gadget Halaman.

·     Daftar Link : berfungsi untuk menampilkan kumpulan atau daftar situs, blog atau laman web favorite kita kepada pengunjung blog. Gadget ini bisa digunakan untuk tukar link dengan blogger lainnya. hampir sama dengan gadget diatas, tapi dalam gadget ini yang muncul hanya linknya saja. Gadget ini bisa anda fungsikan untuk tukar-tukar link dengan blogger lainnya.

widget daftar link

Cara menggunakan Gadget Daftar Link.

·   Teks : berfungsi untuk menambahkan pesan teks atau kata-kata di blog. Misalnya ucapan : Selamat Datang Di Blog Ku, dan lain sebagainya.

widget teks

Cara menggunakan Gadget Teks.

·       Postingan Populer : berfungsi untuk menamplilkan daftar pos atau artikel yang paling banyak di baca oleh pengunjung blog (artikel yang populer).

widget postingan populer

Cara menggunakan Gadget Postingan.

·        Statistik blog : berfungsi untuk menampilkan jumlah penayangan pada blog.

widget statistik blog

Cara menggunakan Gadget Statistik blog.

·        Daftar Blog : berfungsi untuk menampilkan history bacaan dari blog favorite sobat.

widget daftar blog

Cara menggunakan Gadget Daftar Blog.

·   Ikuti Lewat Email : berfungsi untuk mempermudah pengunjung blog untuk berlangganan kiriman email saat pemilik blog mempublikasikan postingan atau artikel.

widget ikuti lewat email

Cara menggunakan Gadget Ikuti Lewat E-mail.

·     Feed : berfungsi untuk memasukkan feed RSS atau Atom milik sobat ke dalam blog. Untuk feed RSS atau Atom, sobat bisa membaca pada catatan :

widget feed

Cara menggunakan Gadget Feed.

·   Logo : berfungsi untuk menampilkan logo blogger ke dalam blog kita, sebagai rasa bangga kita terhadap blogger dengan menampilan di halaman blog kita.

widget logo

Cara menggunakan Gadget Logo.

·  Tautan Berlangganan : berfungsi untuk menampilkan sebuah fitur berlangganan, sehingga memudahkan pembaca berlangganan blog kita melalui pembaca feed populer.

widget tautan berlangganan

Cara menggunakan Gadget Tautan Berlangganan.

· Tombol +1 : berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung merekomendasikan merek dan konten blog sobat dengan cepat.

widget tombol +1

Cara menggunakan Gadget Tombol +1

·    Terjemahan : berfungsi untuk memungkinkan pengunjung menerjemahkan blog kita ke berbagai bahasa.

widget terjemahan

Cara menggunakan Gadget Terjemahan

·     Daftar : berfungsi untuk menampilkan daftar buku favorite, lagu favorite, film Favorite, video favorite sobat dan lain sebagainya.
widget daftar

Cara menggunakan Gadget Daftar

·   Pengikut Google+ : berfungsi untuk menyoroti jumlah pemirsa google+ dan menawarkan pengunjung lain berkesempatan untuk mengikuti sobat di google+.

widget pengikut gopgle +

Cara menggunakan Gadget Pengikut Google+

·  Lencana Google+ : berfungsi untuk menginformasikan kepada pengunjung bahwa pemilik blog ada di media sosial google+ dan memungkinkan pengunjung mengikuti dengan meng-klik lencana google+ tersebut.

widget lencana gopgle +

Cara menggunakan Gadget Lencana Google+

·     Formulir Kontak : berfungsi untuk membuat formulir kontak seperti Contact Us agar pengunjung blog bisa melakukan komunikasi dengan pemilik blog melalui email.

widget formulir kontak

Cara menggunakan Gadget Forulir Kontak

·   Wikipedia : dengan gadget ini, anda dapat menelusuri artikel atau teks lengkap di wikipedia dengan cepat, nyaman dan mudah.

widget wikipedia

·       Atribusi : Berfungsi untuk menampilkan data atribusi blog kita

widget atribusi

·   Laporkan Penyalahgunaan : Berfungsi untuk melaporkan konten yang tidak pantas ditampilkan di blog

widget laporkan penyalahgunaan

Dari beberapa widget atau gadget tersebut diatas, mungkin ada beberapa perbedaan dengan tampilan widget/gadget pada saat sobat membaca ini. Karena hal ini tergantung dari kebijakan bung blogger sendiri ada beberapa perubahan baik di kurangi maupun ditambah.

Widget atau gadget tersebut, tidak perlu semuanya sobat tampilkan di blog, silahkan baca catatan : Daftar Widget atau Gadget yang perlu dan tidak perlu dipasang di blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan anda berkomentar dengan kata-kata yang sopan dan membangun